16 Jenis Penyakit dan Obat Pada Ayam Bangkok Ayam Aduan Ayam Petarung

Memang Ayam Bangkok Ayam Aduan Ayam Petarung semua jenis hewan lainnya pasti tidak akan sehat terus pasti ada waktu sakit entah itu penyakit lumpuh, sakit mata dll bagi anda yang mengalami Ayam Bangkok Ayam Aduan Ayam Petarung sakit dan ketika sebuah peternakan ayam bangkok mengalami sakit, kami merangkum dari berbagai sumber dan mempraktekannya langsung dan alhmdlilah hasilnnya sangat memuaskan sehingga saya publish untuk sobat toko cendolism ketika mengalami ayam nya sakit segera siaga untuk merawat dan mengobatinya.

16 Jenis Penyakit Pada Ayam Bangkok Ayam Aduan Ayam Petarung dan Obatnya

16 Jenis Penyakit Pada Ayam Bangkok Ayam Aduan Ayam Petarung dan Obatnya

Berikut 16 Jenis Penyakit Pada Ayam Bangkok Ayam Aduan Ayam Petarung dan Obatnya :

  1. AYAM LUMPUH

ayam lumpuh..tapi sekarang sudah agak mendingan…namun belumnormal…jalannya masih gontai..tidak seperti semula, kalau tradisional, pakedaun wiyono dan kapur sirih atau daun kemangi+ragi tape,dicampur lalu dilumuri ke kaki Ayam.Kalau obat, pake linucid di apotek ada,umbar lepasAyamnya,1 biji (pagi&sore).

coba digosok dengan minyak tawon yang aslibuatan Ujungpandang (yg biasa dijual di toko2 hangatnya kurang meresap..katanya ulfa) setiap sore sebelum dikandangkan. sekitar 1 minggu akantampak hasilnya bila penyebabnya karena salah urat. bila di sendi antara kakidan paha ada seperti luka, coba diolesi minyak tanah pada tempat tersebut,untuk mematikan tungau penyebab kelumpuhan. kasih air godokan serai jugabisa.

  1. SAKIT MATA

Ayam saya matanya kalau pagi selalu ada tahinya, dan kalau siang sering dipejamkannya,. Coba anda amati mata Ayamnya kemungkinan ada cacing mata wujudnya seperti rambut tetapi warnanya putih agak bening, jika memang ada tetesi dengan tembakau maka cacingnya akan keluar.

Jika tidak terdapat cacing coba tetesi dengan air Daun Katuk setiap hari menjelang mau tidur selama tiga hari. Daun katuk di hancurkan dan di peras hingga keluarairnya lalu di teteskan ke mata Ayam, rasanya akan perih. boleh juga pakai airdaun sirih.

  1. KOREP

Jika Ayam kesenangan anda terkena bercak putih pada wajahnya itu berarti Ayam anda terkena korep (java). Cara pengobatannya antara lain mandikandengan air rebus daun sirih kemudian keringkan setelah itu oleskan obat salepkulitpadabagianyangterkenabercakputih. Selama pengobatan jangan dimandikan lagi dan kontrol setiap hari jika terdapat bercak baru oles kembalipada bagian tersebut.

Selamat mencoba dan tolong info kembali setelahduaminggu. Jika ada rekan yang ingin memberi masukan silahobat salep kulitnya untuk korep apa mas ya,korep itu muncul setelahbeberapa hari Ayam disabung, untuk mencegah korep tidak muncul apapencegahannya ya mas, karena korep pada Ayam saya bikin bulu dikepalanyarontok.Pakailan saleb Albert T atau Nosip, oleskan sehari dua kali, tipis aja, cukup duahari, seterusnya jangan kena air (jangan dimandikan), hari ke lima, cucilahatau dilap pakai kain yang dibasahi minyak goreng yang dicampur bubuk tetrachlor, Jangan terlalu basah. dalam 5 hari kemudian bulu baru sudah mulaitumbuh. Dalam 10 hari jangan sekali-kali kena air, jago tetap dijemur. IniFakta saya, bukan sekedar teory belaka.

Ada yang lupa nih, Sebelum diolesisalep, bagian korep bulunya dicabuti semua, agar kulit terbuka kena sinarmatahari. Jangan memakai salep kulit yang berbahan mengandung air, seperticanesten, daktarin, mikoral. Karena justru membikin subur korep, karenamengandung air. Pakailan yang berbahan veselin / minyak, seperti Albert,Nosip, 888 dan cap Anak Anjing.

Oleskan tipis aja, kalau terlalu tebal kulitkebiru-biruan gosong.gampang aja masngobati korep… ksh minum obat neujoral/Omegzole dptdicari di apotik, utk korep yg ringan ckp 1 butir saja, dan utk yg berat dptdiberikan 1 butir per 2 hr sekali, selam masa pengobatan aym jgn dimandikanselamat mencoba mas, jika ada hasil mohon dikabari… Obat Korep : PakeAlber-T. Ampuh, ga bikin lemas krn dioleskan di kulit

  1. TETELO

Ayam yang sudah terkena Tetelo dan sembuh tibak bisa di jadikan bibitkarena virusnya tetap bersarang dan bisa menurun.

  1. BERAK KAPUR

Ayam Berak Kapur siba di selamatkan dengan memberi anti biotik dan makanbuah pisang,tomat, pepaya atau buah-buahan yang banyak mengandung air.

  1. INFLUENSA

Ayam yang mengalami influensa di beri anti biotik dan minumnya di takar.

  1. MATA BERAIR

Ayam yang mengalami mata berair, matanya diberi tetesan daun katuk atau jeruk nipis.

  1. MATANYA ADA CACING

Jika Ayam matanya ada cacing harus di tetesi tembakau matanya sehinggacacing mati.

  1. CACINGAN

Ayam cacingan diberi isi pinang muda yang sudah di bagi 3 lalu di celup di diminyak goreng dingin dan di makankan ke Ayam.

  1. GANGGUAN TEMBOLOK

Ayam yang mengalami gangguan tembolok jika baru satu malam maka diberi minum yang banyak dengan cara di masukkan air kemulutnya setelah itudi beri tomat.

  1. KELUMPUHAN

Ayam yang mengalami kelumpuhan harus di jemur pagi hari selama 1 jamsetiap hari dan lututnya di kompres air hangat sebelum di jemur setiap harihingga berdiri kembali, air kompresan harus di campur Serai.

  1. PANAS DALAM

Ayam yang panas dalam di istirahatkan dan air minum di los. selama 2 hari.

  1. SARIAWAN

Jika Ayam terkena Sariawan harus di beri Vitamin B IPI dan air minum di los.

  1. BULUNYA BERDIRI

Jika Ayam bulunya berdiri dan muka berwarna merah padah segera bawakedokter hewan atau beri anti biotik 500mg dan air minum di los karenabawaan Ayam yang sudah minim antibiotik dosis tinggi haus.

  1. NGOROK

Ayam ngorok dikasih jeruk nipis diperas ke asam gunung diaduk2 terusasam gunung diperas ke mulut Ayam pagi dan sore mudahan sembuh

korep-ayam-bangkok

  1. FLU BURUNG

Jika terkena fluburung segera di musnahkan karena penularannya sangatcepat dan bisa menular pada manusia.maafjenisrempah-rempahnyaapaaja? Ayam saya matanya berair terus sampaibengkak. tiap hari udah saya kasih obat tetes mata. tapi masi blm sembuh.mohonbantuannya. Itu gejala flu burung mas, cepat isolasi Ayam yang masihsehat dan beri makan pur saja, sedikit saja, agar Ayam banyak gerak.Usahakan jangan beli Ayam dari pasar/tempat yang gak jelas asalnya,sebaiknya beli dari peternak yang dijamin Ayamnya sehat. trims.

  • Radang usus (Quail enteritis)

Penyebab: bakteri anerobik yang membentuk spora dan menyerang usus,sehingga timbul pearadangan pada usus. Gejala: puyuh tampak lesu, matatertutup, bulu kelihatan kusam, kotoran berair dan mengandung asam urat.Pengendalian: memperbaiki tata laksana pemeliharaan, serta memisashkanburung puyuh yang sehat dari yang telah terinfeksi.

  • Tetelo (NCD/New Castle Disease)

Gejala: puyuh sulit bernafas, batuk-batuk, bersin, timbul bunyi ngorok, lesu,mata ngantuk, sayap terkulai, kadang berdarah, tinja encer kehijauan yangspesifik adanya gejala “tortikolis”, yaitu kepala memutar-mutar tidak menentudan lumpuh. Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungan dan peralatanyang tercemar virus, binatang vektor penyakit tetelo, Ayam yang mati segeradibakar/dibuang; (2) pisahkan Ayam yang sakit, mencegah tamu masuk arealpeternakan tanpa baju steril, serta melakukan vaksinasi NCD.

 

  • Berak putih (Pullorum)

Penyebab: Kuman Salmonella pullorum dan merupakan penyakit menular.Gejala: kotoran berwarna putih, nafsu makan hilang, sesak nafas, bulu-bulumengkerut dan sayap lemah menggantung. Pengendalian: sama denganpengendalian penyakit tetelo.

  • Berak darah (Coccidiosis)

Gejala: tinja berdarah dan mencret, nafsu makan kurang, sayap terkulasi, bulukusam menggigil kedinginan. Pengendalian: (1) menjaga kebersihanlingkungaan, menjaga litter tetap kering; (2) dengan Tetra Chloine Capsulediberikan melalui mulut; Noxal, Trisula Zuco tablet dilarutkan dalam air minumatau sulfaqui moxaline, amprolium.

  • Cacar Unggas (Fowl Pox)

Penyebab: Poxvirus, menyerang bangsa unggas dari semua umur dan jeniskelamin. Gejala: imbulnya keropeng-keropeng pada kulit yang tidak berbulu,seperti pial, kaki, mulut dan farink yang apabila dilepaskan akanmengeluarkan darah. Pengendalian: vaksin dipteria dan mengisolasi kandangatau puyuh yang terinfeksi.

  • Quail Bronchitis

Penyebab: Quail bronchitis virus (adenovirus) yang bersifat sangat menular.Gejala: puyuh kelihatan lesu, bulu kusam, gemetar, sulit bernafas, batuk danbersin, mata dan hidung kadang-kadang mengeluarkan lendir, kadang kepaladan leher agak terpuntir. Pengendalian: pemberian pakan yang bergizi dengansanitasi yang memadai.

  • Aspergillosis

Penyebab: cendawan, Aspergillus fumigatus. Gejala: Puyuh mengalamigangguan pernafasan, mata terbentuk lapisan putih menyerupai keju,mengantuk, nafsu makan berkurang. Pengendalian: memperbaiki sanitasikandang dan lingkungan sekitarnya.

  • Cacingan

Penyebab: sanitasi yang buruk. Gejala: puyuh tampak kurus, lesu dan lemah.Pengendalian: menjaga kebersihan kandang dan pemberian pakan yangterjaga kebersihannya.

Toko Cendolism

Peternakan Ayam Bangkok Terbesar di Indonesia

Menjual Berbagai Jenis Ayam Bangkok :

Ayam Aduan

Ayam Bangkok

Ayam Petarung

Ayam Laga

Koleksi Ayam Bangkok Terjual 

Produk Ayam Bangkok Terbaru Kami

Pesan Anakan Sekarang Juga

Pakan dan Obat

Koleksi Terjual Kami

Jasa Pengiriman Hewan

Perlengkapan dan Aksesoris

Cara Pembelian

shutterstock_92526319_0

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Toko Cendolism

Semoga Artikel di Atas Bermanfaat untuk anda dan dapatkan Ayam Aduan, Ayam Bangkok, Aayam Petarung Berkualitas di toko kami.

 

 

tokocendolism
tokocendolism
Pusat jual dan peternakan ayam bangkok, ayam bangkok, ayam aduan, ayam petarung, ayam bangkok aduan asli, ayam bima, ayam pakhoy dan jenis ayam bangkok lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *